PSM Sore Ini Ke Jakarta, Besok Ujicoba dengan Bhayangkara FC

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Rombongan PSM Makassar akan bertolak ke Jakarta pada Selasa (4/2) sore ini. Rencananya pada Rabu (5/2) besok, Juku Eja akan berujicoba dengan tim bertabur bintang Bhayangkara FC. Hal itu dikatakan CEO PSM, Munafri Arifuddin usai sesi perkenalan pemain anyar PSM, Roni Beroperay dan Yakob Sayuri serta Firza Andika di Hotel Aryaduta Makassar, Selasa (4/2). 

"Bhayangkara siap menghadapi PSM. Bagi kami, laga ini sangat penting untuk mengukur kesiapan tim menghadapi klub selevel,"ujar Munafri kepada awak media Makassar.

Pernyataan Munafri wajar, karena lawan yang dihadapi PSM pada Grup H Piala AFC 2020, kekuatannya tentu berbeda dibandingkan Lalenok FC yang disingkirkan Juku Eja pada playoff lalu. Tampines Rover (Singapura) dan Shan United (Myanmar) adalah klub yang tergabung di Grup H karena terlempar dari playoff Liga Champions Asia. Sementara Kaya FC Iloilo (Filipina) pada musim lalu sempat menyulitkan PSM pada ajang sama.

Dilain pihak, Munafri menjelaskan keputusan PSM merekrut dua pemain asal Papua, Roni Beroperay dan Yakob Sayuri. "Selain kebutuhan tim, manajemen juga ingin mengembalikan tradisi pemain asal Papua di PSM," ungkap Munafri.

Ia merujuk sejumlah nama pemain asal Papua yang namanya bersinar bersama PSM ada era Liga Indonesia. Diantaranya Izaac Fatary (alm), Jack Komboy dan Ortizan Salossa serta Titus Bonai. "Semoga keduanya betah dan berkembang di PSM. Dan pada musim depan, kontrak mereka diperpanjang," kata Munafri.

Khusus buat Firza Andika yang musim lalu sempat memperkuat PSM pada sejumlah laga di Liga 1, Munafri menjelaskan status bek tim nasional U-22 ini tetap sebagai pemain pinjaman. Itu karena kontraknya dengan klub Belgia, AFC Tubize masih setahun lagi."Jadi opsi paling baik adalah melakukan meminjam Firza. Pada musim depan, kalau Firza betah di PSM akan mempermanenkan statusnya," pungkas Munafri. (ab)